Jumat 21 Mar 2014 16:25 WIB

Indonesia Masuk Tiga Besar Pemasok Rumput Laut

Rumput Laut
Foto: Edi Yusuf/Republika
Rumput Laut

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Staf ahli Menteri Pertanian Bidang Lingkungan Mukti Sardjono mengatakan, rumput laut selain memiliki daya saing ekonomi tinggi, juga ramah lingkungan karena dapat menguras gas emisi. Karena itu pengembanganya harus dipotimalkan.

"Indonesia masuk dalam tiga besar pemasok rumput laut di pasar internasional, dengan produksi nasional pada 2012 mencapai 6,5 juta ton. karena itu pengembangan komoditas ini harus dioptimalkan," kata Mukti pada seminar regional Kawasan Timur Indonesia yang digelar Balai Besar Karantina Pertanian Sulsel di Makassar, Jumat (21/3).

Menurut dia, rumput laut yang ramah lingkungan itu juga mampu menekan kebocoran lapisan ozon. Hanya saja, akibat pemanasan global dan perubahan iklim dunia, menyebabkan rata-rata tujuh persen hamparan rumput laut dunia hilang akibat pemanasan global dan ulah manusia.

Karena itu, lanjut dia, berbagai upaya harus dilakukan untuk menekan kerusakan ekosistem rumput laut, salah satu diantaranya dengan menggunakan bahan-bahan yang gas emisinya rendah untuk sektor pertanian.

"Misalnya dengan memperbanyak menggunakan pupuk organik, dan sebaliknya mengurangi penggunaan pupuk anorganik," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement