Kamis 20 Mar 2014 04:05 WIB

Mendagri: Otonomi Dorong Kreativitas dan Inovasi Daerah

Gamawan Fauzi
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Gamawan Fauzi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan otonomi sebenarnya dapat mendorong kreativitas dan inovasi pembangunan di daerah-daerah agar lebih maju.

"Sebenarnya otonomi ini menghendaki kreativitas dan inovasi kepala daerah. Kalau daerah-daerah (bisa) kreatif dan didukung anggaran kuat serta kepala daerah yang inovatif, maka itu akan melahirkan daerah-daerah yang lebih maju," kata Gamawan usai menyerahkan penghargaan Sindo Weekly Government Award 2014 di Jakarta, Rabu (19/3) malam.

Dia mendukung jika ada lembaga nonpemerintah yang menyelenggarakan kompetisi antardaerah untuk memajukan pembangunan di daerah otonom.

"Setelah adanya desentralisasi ini kewenangan lebih besar diberikan kepada daerah, uang juga mungkin banyak ke daerah. Maka Pemerintah mendukung supaya masing-masing daerah berkompetisi untuk melahirkan inovasi dan kreatifitas," tambahnya.

Penghargaan Pemerintah Sindo Weekly diberikan kepada 24 daerah dengan kategori 10 kabupaten terbaik, 10 kota terbaik, tiga daerah dengan penghargaan khusus serta satu daerah terbaik dari yang terbaik.

Untuk 10 kabupaten terbaik diberikan kepada bupati Banjar, Lamongan, Katingan, Raja Ampat, Gorontalo, Kepulauan Meranti, Banyuwangi, Bantaeng, Rokan Hulu dan Musi Banyuasin. Sedangkan 10 kota terbaik diserahkan kepada wali kota Tangerang, Cilegon, Lubuk Linggau (dua penghargaan), Sawahlunto,

Surabaya, Bandung, Pekalongan, Pekanbaru, dan Semarang.

Tiga daerah yang mendapatkan penghargaan khusus adalah Provinsi Kalimantan Tengah (peduli lingkungan), Provinsi Jawa Barat (pendidikan) dan Kabupaten Darmas Raya (daerah pemekaran terbaik). Satu penghargaaan Terbaik dari yang Terbaik diberikan kepada Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement