Selasa 18 Mar 2014 10:35 WIB

Wagub Jabar: Pengawasan Kawasan Bandung Utara Harus Makin Ketat

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Taufik Rachman
Deddy Mizwar
Foto: Republika/Edi Yusuf
Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Tebing setinggi 30 meter dan lebar 15 meter, belum lama ini longsor dan menimpa rumah makan dan pemancingan Saung Sawargi, Alam Sejuk Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar menilai, sepatutnya kejadian tersebut menjadi peringatan bagi semua masyarakat. Apalagi, keberadaan permukiman di Kawasan Bandung Utara (KBU) tersebut sudah sangat memprihatinkan jadi perlu dibatasi.   "Bencana sumbernya tidak bisa dideteksi kapan dan dimana lagi sekarang,'' ujar Deddy kepada wartawan, Senin petang (17/3).

Menurut Deddy, kalau tidak ditertibkan tahun ini di KBU bisa berdiri 1 juta rumah. Karena, alihfungsi di KBU sudah semakin parah.  Harusnya, pemberlakukan  Pergub 2008 tentang KBU jangan asal-asalan.  ''Jangan ada pembiaran lagi," katanya.

Saat ini, kata dia, proses penertiban  sedang dalam masa penyidikan. Jadi, lebih baik pemilik bangunan ilegal menghentikan proses pembangunan atau membongkar sendiri bangunannya. "Saat ini empat di antaranya (pemilik bangunan ilegal) sudah mau bongkar sendiri. Itu lebih baik," kata Deddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement