Ahad 16 Mar 2014 21:18 WIB

Tujuh Kecamatan di Kab Bandung Dapat ISO

Rep: Agus Yulianto/ Red: A.Syalaby Ichsan
Penyerahan sertifikat ISO 9001:2008
Foto: Kemenag
Penyerahan sertifikat ISO 9001:2008

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung mendapatkan ISO 9001:2008 tentang pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Ketujuh kecamatan itu, Kecamatan Pameungpeuk, Kutawaringin, Ciparay, Cileunyi, Cicalengka, Margahayu dan Kecamatan Solokan Jeruk.

"Program PATEN di Kabupaten Bandung layak menjadi contoh sebagai laboratorium hidup untuk seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia," ujar Dirjen Pemerintahan Umum Kemendagri, Agung Mulyana kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Menurutnya, di Kabupaten Bandung, PATEN, sudah lebih maju, karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas  dengan standar melebihi ketentuan.

Dia menuturkan, Kabupaten Bandung menjadi yang pertama kali mendapatkan ISO untuk program PATEN. "Mudah-mudahan, ini bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia,'' katanya.

Terpisah, Ketua Ombusdman RI, Danang Girindra Wardana mengaku salut dengan apa yang diperoleh Kabupaten Bandung dengan program PATEN. Dia mengingatkan agar prestasi yang dicapai tetap dipertahankan. "Saya meminta Bupati menjadi narasumber untuk pelaksanaan PATEN tingkat nasional," tegasnya.

Bupati Bandung, Dadang M Nasser mengklaim pelayanan publik yang dilaksanakan pemkab Bandung mendapat respon positif dari masyarakat. Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2013 tentang Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 74,06 dengan mutu pelayanan predikat baik.

"Melihat nilai sebesar itu, dari bidang pelayanan kesehatan, ekonomi, administrasi penduduk, Ketenagakerjaan, sanitasi, Kebersihan dan pendidikan," katanya.

Asisten Pemerintahan, Yudhi Haryanto  menuturkan pihaknya memberi dukungan untuk program PATEN di Kecamatan dalam bentuk regulasi dan bantuan keuangan senilai Rp. 7,5 Milliar. 

Total uang tersebut digunakan untuk penyediaan berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan. "Nanti, kedepan program PATEN bisa berkembang lebih baik di tingkat kelurahan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement