Rabu 12 Mar 2014 23:32 WIB

Ini Harapan Jokowi ke NU

Jokowi
Foto: Republika/Prayogi
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berharap Nahdlatul Ulama (NU) bisa memberdayakan masyarakat di sektor pertanian.

"Tradisi NU itu tradisi pertanian, mestinya kembali ke pertanian. Berdayakanlah masyarakat di bidang itu," kata gubernur yang akrab disapa Jokowi ini dalam diskusi bulanan ke-31 yang bertajuk Menyongsong Satu Abad NU, di Jakarta, Rabu (12/3) malam.

Menurut Jokowi, para kyai seharusnya memiliki banyak pengetahuan di bidang pertanian untuk diajarkan kepada para santri mereka.

"Contohnya hal-hal yang berkaitan dengan pertanian dasar, teknologi tepat guna, teknologi tinggi di bidang pertanian," kata Jokowi.

Ia mencontohkan para misionaris yang memiliki pengetahuan dasar di bidang pertanian sehingga dalam mensyiarkan agamanya, keberadaan mereka di tengah masyarakat bisa bermanfaat secara langsung.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengkritisi banyaknya kader NU yang saat ini dinilainya lebih tertarik untuk menggeluti dunia politik ketimbang berdakwah.

Jokowi mengingatkan, sebagai umat Islam mereka yang masuk ke dalam dunia politik seharusnya mengutamakan kejujuran, memiliki integritas yang tinggi dan mampu memberi manfaat bagi kepentingan orang banyak.

"Tapi sekarang politik itu seperti perebutan kekuasaan untuk mendapatkan kekayaan negara. Adab Islam yang baik dalam berpolitik seperti hilang," kata Jokowi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement