Rabu 12 Mar 2014 16:39 WIB

Kapolda Metro Jaya Janji Netral Dalam Pemilu

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Bilal Ramadhan
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayuseno.
Foto: Antara
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayuseno.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMAMGGI-- Deklarasi pemilu damai 2014 sudah dilakukan 12 partai politik di Mapolda Metro Jaya, Rabu (12/3). Partai politik membuat komitmen tersebut bersama Polda Metro Jaya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Putut Eko Bayuseno mengatakan, pemuli merupakan pembelajaran demokrasi. Jika pelaksanaannya berjalan dengan aman dan lancar maka Indonesia sukses dalam menjalankan sistem demokrasi.

Dalam sistem demokrasi tersebut ada pemilu yang melibatkan masyarakat. ''Sebagai wadah menentukan pemimpin yang baik di daerah atau tingkat nasional sesuai undang-undang,'' kata dia, Rabu (12/3).

Deklarasi ini sebagai bentuk awal dari kesepakan bersama untuk menghindari penyimpangan dan pelanggaran dalam pemilu melihat tidak lama lagi kampanye parpol akan dilakukan.

''Polri telah berkomitemen penuh menjaga netralitas, dan melakukan koorsinasi bersama mitra,'' kata Putut. Menurut Putut, dengan kontrol yang baik, Putut yakin pemilu dapat berjalan sesuai yang diinginkan.

Ketua KPUD DKI Sumarno berharap agar pemilu kali ini tidak ada kecurangan. Pemerintah harus memasilitasi kelancaran tersebut demi kelancaran pemilu. Jual beli suara dan politik dagang sapi setidaknya menjadi perhatian publik. ''Karena bukan pasar sapi,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement