Selasa 11 Mar 2014 09:56 WIB

Jokowi Bakal Lantik Walkot Jakbar, Hari Ini

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Dewi Mardiani
Jokowi
Foto: Republika/Prayogi
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hari ini dijadwalkan akan melantik Wali Kota Jakarta Barat yang baru, Anas Efendi, Selasa (11/3). Anas akan menggantikan posisi Fatahilah yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta.

Berbeda dengan pelantikan sebelumnya yang pernah dilakukan Jokowi, acara pengukuhan kali ini bakal digelar di kantor Wali Kota Jakarta Barat. Padahal, biasanya Jokowi selalu melantik pejabat di tengah-tengah masyarakat.

Contohnya, pada pelantikan Fatahillah pada Mei 2013, Jokowi melakukan pelantikan di halaman Rumah Susun Tambora. Yang terbaru, Jokowi melantik Wali Kota Jakarta Utara Heru Budi Hartono di pinggir Danau Cincin.

Anas Efendi pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan selama tiga tahun, mulai November 2011 sampai Februari 2013. Namun, karena kinerjanya yang dianggap buruk, Anas dimutasi menjadi Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah. Namun, kini dia kembali dipercayakan untuk memimpin sebuah wilayah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pernah berucap, saat menjabat sebagai Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah, Anas menunjukkan perbaikan kinerja.

Karenanya, ia kembali dipromosikan menjadi wali kota. "Orang kan bisa berubah. Setelah dia baca-baca buku di 'perpustakaan,' jadi mengerti cara menjadi wali kota yang baik," ujar wagub yang akrab disapa Ahok itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement