Sabtu 08 Mar 2014 15:15 WIB

Distribusi Surat Suara di Yogyakarta Masih Nol Persen

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bilal Ramadhan
  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik (kanan) menyerahkan secara simbolik surat suara untuk dikirim ke panitia pemungutan luar negeri (PPLN) di Jakarta, Rabu (12/2).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik (kanan) menyerahkan secara simbolik surat suara untuk dikirim ke panitia pemungutan luar negeri (PPLN) di Jakarta, Rabu (12/2). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR-- Komisioner Komisi Pemilu Pusat (KPU) Pusat, Sigit Pamungkas mengungkapkan proses produksi logistik berupa kertas surat suara untuk Pemilu 2014 sudah mencapai 80 persen dan pendistribusiannya sudah mencapai 74 persen. Namun untuk sejumlah daerah tertentu di Pulau Jawa, masih minim bahkan masih ada yang belum terkirim sama sekali alias nol persen, seperti untuk di KPUD Yogyakarta.

''Yogyakarta memang masih nol persen, karena posisinya di Jawa dan relatif mudah dijangkau dengan transportasi,'' ujar Sigit saat meninjau lokasi penyortiran surat suara di KPUD Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (8/3).

Diungkapkan Sigit, pendistribusian logistik ke seluruh Indonesia ditargetkan tuntas pada 20 Maret mendatang. Saat ini pendistribusian logistik yang lebih didahulukan adalah daerah-daerah yang lokasinya jauh dan medannya sulit ditempuh, seperti Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) maupun daerah-daerah lain di luar Pulau Jawa.

''Masih ada waktu untuk menuntaskan pendistribusian. Sedangkan untuk proses penyortiran serta pelipatan dari surat suara yang terdistribusi, sudah mencapai 80 persen,'' pungkas Sigit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement