Kamis 06 Mar 2014 12:31 WIB

Ini Dia, Calon Presiden Pilihan Ulama se-Jatim

 Suryadharma Ali
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Suryadharma Ali

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Amri Amrullah

KEDIRI -- Lebih dari 100 ulama yang mewakili seluruh ulama pengasuh pondok pesantren se-Jawa Timur menetapkan maklumat mengusung Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali menjadi kandidat calon presiden (capres).

Para ulama menetapkan Suryadharma Ali calon presiden dari kalangan partai dan umat Islam. Maklumat tersebut dibacakan KH Ahmad Subadar di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri.

"Ulama dan pengasuh Pondok Pesantren se-Jawa Timur sepakat memohon kesediaan Suryadharma Ali mencalonkan sebagai capres 2014 sebagai wujud tanggung jawab umat Islam dan Nasbul Imamah di Indonesia," ujar Subadar, Rabu (5/3).

Ia melanjutkan, dalam maklumat ini juga mengatakan hak untuk memilih dalam pemilu harus dilaksanakan dengan tanggung jawab dan akhlakul karimah.

Tiga poin penting maklumat ini, di antaranya dalam Pemilu Legislatif 9 April 2014 para ulama dan pengasuh pondok pesantren sepakat memilih dan memenangkan PPP sebagai representasi perwakilan umat Islam dan kelompok Ahlussunnah wal Jamaah.

Kedua, mengharapkan kesediaan Suryadharma Ali menjadi capres dari umat Islam. Ketiga, memohon kepada umat Islam untuk berupaya mempertahankan kelestarian dan memperjuangkan Indonesia yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur.

Sementara, Suryadharma mengucapkan terima kasihnya atas keputusan maklumat pencalonan ini. Menurut dia, maklumat ini adalah tantangan yang harus dia emban dan tugas umat Islam untuk mewujudkannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement