Selasa 04 Mar 2014 12:48 WIB

Marty: Hormati Prinsip Kedaulatan Ukraina

Rep: Esthi Maharani/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa meminta semua pihak menghormati prinsip kedautalan dan integritas negara Ukraina. Menurutnya, prinsip tersebut adalah dasar hubungan antar bangsa yang harus dijunjung tinggi oleh negara-negara lain.

“Kita menegaskan sekali lagi, posisi Indonesia dalam menghadapi berbagai situasi serupa diberbagai kawasan adalah sama; prinsip penghormatan kedaulatan dan integritas wilayah sebagai dasar hubungan antar bangsa. Ini posisi yang kita pegang teguh dimanapun,” katanya saat ditemui di Istana Negara, Selasa (4/3).

Karena itu, ia meminta semua pihak menahan diri dan mengedepankan penanganan krisis di Ukraina melalui jalan damai dan dengan cara-cara yang menghormati hukum internasional. Ia juga mengingatkan agar Dewan Keamanan PBB untuk menjalankan tanggung jawabnya yakni memelihara perdamaian dan keamanan internasional.

Indonesia, lanjutnya, juga menyampaikan keprihatinan serta terus memantau perkembangan di Ukraina. Apalagi dalam perkembangannya, terjadi instabilitas dalam negeri dan berkembang menjadi semakin buruk.

“Kita selama ini telah mengikuti dengan penuh keprihatinan yang sangat mendalam perkembangan di ukraina yang telah berkembang sedemikian rupa yang semula instabilitas dalam negeri berkembang semakin memburuk sehingga menjadi masalah krisis yang mengancam bahkan hubungan antar negara,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement