Jumat 28 Feb 2014 13:01 WIB

Badrodin Haiti Wakapolri, Sutarman: Itu Pilihan Terbaik

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Sutarman
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Sutarman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) kini tidak lagi dijabat Komisaris Jenderal (Komjen) Oegroseno. Ia sudah digantikan oleh Komjen Badrodin Haiti.

Badrodin sendiri sebelumnya sempat menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan dan Keaman (Baharkam) Mabes Polri, ketika Oegroseno mendampingi Sutarman sebagai Wakapolri. ''TR turun hari ini, jadinya Pak Badrodin Haiti,'' kata Kapolri Jendera Sutarman, Jumat (28/2).

Sutarman tidak menjelaskan secara rinci alasan pergantian pejabar di Mabes Polri. Ia hanya menjelaskan sudah menggunakan berbagai pertimbangan, karena sebelumnya sempat beredar kabar calon pengganti Wakapolri antara Irjen Anton Bahrul Alam atau Komjen Budi Gunawan.

''Ada Pak Budi Gunawan, ada Pak Anton Bahrul jadi berbagai pertimbangan tentu digunakan dan itu tentu yang terbaik,'' kata Sutarman.

Kekhawatiran muncul karena Badrodin yang merupakan lulusan terbaik Akademisi Polisi (Akpol) angkatan 1982, meninggalkan pos sebelumnya sebagai Koordinator Pemilu 2014. Namun, Sutarman tidak merasa khawatir dan sudah yakin dengan perpindahan pejabat yang baru.

Pergeseran kepemimpinan tidak akan berbenturan dengan sistem yang sudah berjalan. Organisasi tetap berjalan dengan sistem yang ada. ''Suatu organisasi itu kalau sistem sudah jalan, walaupun pimpinannya bergeser, atau diganti tapi sistem itu akan berjalan,'' kata Sutarman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement