Selasa 25 Feb 2014 21:15 WIB

Alasan Din Merasa Tak Pantas Jadi Ketum MUI

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Mansyur Faqih
Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin
Foto: ist
Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin merasa tak pantas memimpin organisasi para ulama tersebut.

Pernyataan tersebut terlontar saat ia memberi sambutan pada Executive Lecture Satu Hati untuk Indonesia: Sinergi Komprehensif Membangun Kembali Indonesia Kita di Universitas Al Azhar, Selasa (25/2).  

"Saya merasa tidak pantas karena masih nongkrong di kafe dan lobi hotel," ujarnya disambut tawa hadirin.

Din bercerita, ketika menerima pesan singkat yang memberitahu ia menjadi ketua umum, kalimat pertama yang terucap adalah innalillahi wa innailaihi raji'un. Kontan, hadirin kembali tertawa mendengarnya. 

Sebab, meski sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua umum MUI, ia tidak berkegiatan secara aktif. "Saya tidak aktif selama empat tahun terakhir. Tapi saya bersedia mengemban amanah, meski ini berat sekali," kata ketua umum PP Muhammadiyah tersebut. 

Sesuai dengan AD/ART MUI, wakil ketua umum menggantikan posisi ketua umum jika berhalangan atau meninggal dunia. Pengesahan Din sebagai ketua umum akan dilakukan dalam rapat pleno MUI 4 Maret mendatang. Meski pun Din telah secara sah sebagai ketua umum. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement