Senin 24 Feb 2014 23:39 WIB

Pemkab Agam Bangun Jalur Evakuasi Erupsi Marapi

Gunung Marapi
Gunung Marapi

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK BASUNG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat (Sumbar), akan membuat jalur evakuasi untuk warga yang ada di enam kecamatan untuk menyelamatkan diri dari ancaman letusan Gunung Marapi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito, di Lubuk Basung, Senin, mengatakan saat ini BPBD bersama Kodim 0304 Agam, Polresta Bukittinggi, tokoh masyarakat dan lainnya mulai menentukan jalur evakuasi tersebut.

"Kami menargetkan pada Maret 2014, jalur evakuasi ini selesai dan langsung dipasang di Kecamatan Canduang, Sungai Pua, Baso, Ampek Angkek, Banuhampu dan Malalak," katanya saat bersilaturahmi dengan LSM Jemari Sakato, Oxfam Jakarta dan Oxfam Australia di Lubukbasung.

Jalur evakuasi ini akan disiapkan sampai jalur utama Bukittinggi menuju Payakumbuh, sehingga masyarakat yang tinggal di rawan letusan gunung sekitar 138.131 orang akan mudah menyelamatkan diri.

"Dengan jalur ini, warga akan dengan mudah menyelamatkan diri melalui jalur evakuasi ke daerah aman," katanya seperti dikutip Antara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement