Sabtu 22 Feb 2014 08:35 WIB

Harga Cabe Rawit Merah Meroket

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Muhammad Fakhruddin
Komoditas cabe, ilustrasi
Foto: Antara
Komoditas cabe, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Harga cabe rawit merah naik terus. Padahal, dua hari sebelumnya (Rabu, 19/2) harga cabe rawit merah per kilogram masih Rp 39.333 per kilogram, selanjutnya  Kamis (20/2) sudah Rp 52.333 dan Jum'at (21/2) sudah mencapai Rp 62.333.

''Jadi dalam sehari (dari Kamis ke Jum'at) naiknya mencapai 19,11 persen. Tentu saja naiknya sangat signifikan dibandingkan sehari sebelumnya,''kata  Kepala Seksi Pengadaan dan Penyaluran Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UMKM)  Eny Rosilawati pada //Republika/, Sabtu (22/2).

Dibandingkan dengan harga sayuran lainnya, harga cabe rawit merah tertinggi.  Tingginya harga cabe rawit merah  ini secara nasional. Hal ini disebabkan adanya  cuaca yang tak menentu mengganggu pertumbuhan tanaman cabe.  Ditambah dengan terkenanya abu akibat letusan Gunung Kelud.

Akibatnya tanaman cabe rawit mudah rusak sehingga kualitas cabe sangat rendah, kata Rosi (panggilan akrab  Eny Rosilawati). Karena pasokan cabe rawit merah berkurang,  maka harga cabe terus melambung tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement