Rabu 19 Feb 2014 00:24 WIB

Dahsyatnya Lahar Dingin: 50 Juta Meter Kubik

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho
Foto: Antara
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Hujan deras pada Selasa (18/2) pukul 15.00 Wib di sekitar G. Kelud telah menyebabkan banjir lahar dingin di sungai-sungai di daerah Kab Kediri dan Kab. Malang. Pada pukul 16.30 Wib banjir lahar dingin di Sungai Konto di Kec Kandangan dan Sungai Serinjing di Kec Puncu, Kepung, dan Pare Kab Malang.

Lahar dingin membawa material pasir, batu, dan kayu. 5 rumah dan 1 mushola terendam banjir lahar dingin. Tidak ada korban dari banjir lahar, dan di beberapa titik sudah mereda.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Kabupaten Malang, banjir lahar dingin terjadi di Sungai Sono dan Sungai Sambong. Akibatnya, satu jembatan kecil putus yang menghubungkan antara Dusun Pait, Kutut, Klangon, Munjung, Sedawon dengan Desa Pandansari. 2 rumah hanyut. Belum ada laporan korban jiwa.

 

"Pasca erupsi G. Kelud diperkirakan ada 50 juta meter kubik material lahar yang berada di sekitar G. Kelud," katanya dalam rilisnya kepada media.

Dia menambahkan, saat ini kondisi material lahar dingin telah jenuh air karena sudah 3 hari terakhir terkena hujan sehingga mudah menjadi banjir lahar dingin. Tentu saja, katadia, 50 juta meter kubik tersebut tidak akan terjadi sekaligus, tergantung dari hujan yang ada.

 

Dijelaskan, banjir lahar dingin memiliki sifat merusak. Banjir lahar juga memicu tingginya erosi di bantaran sungai yang dilalui banjir lahar. Tidak aneh seringkali pondasi jembatan pun roboh. Pada kemiringan lereng curam, mengalirnya banjir lahar ke arah dataran kaki gunung berlangsung sangat cepat. Daya kikis atau daya tumbuk arus banjir lahar terhadap tepi sungai akan semakin kuat.

 

Di sekitar G. Kelud telah dibangun sabo sabo dam yang mampu menampung 14,5 juta meter kubik. Sungai-sungai yang ada menampung 14 juta meter kubik, sehingga dam sabo dan sungai mampu menampung 28 juta meter kubik.

"Masyarakat dihimbau selalu waspada. Jauhi bantaran sungai saat banjir lahar dingin," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement