Selasa 18 Feb 2014 09:46 WIB

Penutupan Bandara Solo dan Yogyakarta Diperpanjang

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Hazliansyah
  Petugas membersihkan abu vulkanik yang menutupi badan pesawat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (14/2). (Antara/Regina Safri)
Petugas membersihkan abu vulkanik yang menutupi badan pesawat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (14/2). (Antara/Regina Safri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan memutuskan memperpanjang penutupan Bandara Adi Soemarmo Solo (Surakarta) dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta akibat erupsi gunung Kelud. Dua bandara itu akan ditutup hingga Rabu, 19 Februari 2014 pada 07.00 WIB.

Keputusan ini tertuang dalam NOTAM (Notice to Airmen) untuk Bandara Adi Soemarmo Solo No B 0210/2014 dan untuk Bandara Adi Sucipto Yogyakarta No B 2011/2014 tertanggal 18 Februari 2014.

 

Dalam NOTAM yang dikeluarkan sebelumnya oleh Ditjen Perhubungan Udara, disebutkan bahwa bandara Adi Sumarmo ditutup dari Jumat-Senin, 14-17 Februari 2014 pukul 07.00 WIB dan untuk bandara Adi Sutjipto ditutup dari Jumat-Selasa, 14-18 Februari 2014 pukul 07.38 WIB.

Setelah dievaluasi, hingga Senin sore, baik bandara Adi Soemarmo maupun Adi Sutjipto, belum dapat dioperasikan karena debu vulkanik akibat erupsi gunung Kelud pada kedua bandara masih cukup banyak.

 

Hasil tersebut dilaporkan ke Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub  yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan kembali dikeluarkannya NOTAM pada dua bandara tersebut. Saat ini pada kedua bandara tersebut masih dilakukan pembersihan terhadap landasan pacu, terminal dan sejumlah peralatan seperti radar dan alat-alat navigasi lainnya.

Perpanjangan penutupan Bandara ini murni dikarenakan faktor bandara yang belum siap untuk dioperasikan kembali. Sedangkan kondisi udara di Solo dan Yogyakarta sendiri dilaporkan sudah bersih dari debu vulkanik erupsi Gunung Kelud.

 

Kementerian Perhubungan menyatakan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Yogyakarta dan Solo karena perpanjangan penutupan kedua bandara. Perpanjangan penutupan kedua bandara tersebut semata-mata untuk memastikan faktor keselamatan penerbangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement