Sabtu 15 Feb 2014 23:47 WIB

Mahasiswa UGM Gelar KKN Tanggap Bencana Kelud

Pengungsi Kelud
Foto: PKPU
Pengungsi Kelud

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengirimkan tim survei ke Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang merupakan salah satu lokasi bencana erupsi Gunung Kelud (1731 mdpl).

"Tim tersebut akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dan beberapa pejabat daerah untuk mendiskusikan tanggap bencana yang harus dilakukan," kata Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Suratman, di Yogyakarta, Sabtu.

Selain melakukan survei, kata dia, tim tersebut juga membawa bantuan berupa masker untuk warga di lokasi bencana.

Untuk tahap selanjutnya, UGM mempersiapkan kemungkinan akan dilakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tanggap Bencana.

"Saat ini sudah ada 250 relawan mahasiswa yang siap diberangkatkan ke lokasi bencana untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat," tuturnya.

Menurut dia, sambil menunggu hasil survei, beberapa fakultas di UGM juga telah melakukan berbagai persiapan terkait dengan tanggap bencana.

Fakultas Kedokteran UGM mempersiapkan tim relawan dokter dan mahasiswa untuk terlibat dalam memberikan pelayanan kesehatan di Kediri. Fakultas Psikologi UGM juga akan memberikan dukungan terhadap layanan konsultasi dan penanganan pengungsi dari sisi psikologi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement