Sabtu 15 Feb 2014 05:45 WIB

Ingat Ternak, Pengungsi Gunung Kelud Ingin Pulang

Rep: Nur Aini/ Red: Bilal Ramadhan
Pengungsi Kelud
Foto: PKPU
Pengungsi Kelud

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Sejumlah pengungsi di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri meminta pulang dengan alasan ingin memberi makan ternak. Relawan telah meminta agar pengungsi erupsi Gunung Kelud tetap berada di pengungsian.

Informasi yang diterima Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), pengungsi yang meminta pulang berada di MTS Jombang Kauman, Kecamatan Kepung. Padahal, Kecamatan Kepung berada di wilayah terdampak erupsi Gunung Kelud. Di lokasi pengungsian tersebut  terdapat 10 personel relawan dan dua anggota TNI.

Anggota Satgas RAPI, Pudji Sarwono mengatakan petugas sudah diminta mencegah warga yang ingin kembali ke rumahnya. Petugas juga sudah diminta untuk memantau warga agar tidak kembali ke rumah tanpa melapor. "Ada dua pengungsi yang lapor ingin pulang," ujarnya, Sabtu (15/2).

Jumlah pengungsi erupsi Gunung Kelud di Kabupaten dan Kota Kediri mencapai 17.458 jiwa. Pengungsi tersebar di 28 titik pengungsian.

Data tersebut dikumpulkan Satuan Pelaksana Penanganan Bencana Kabupaten Kediri hingga 15 Februari 2014 pukul 00.00 WIB. Pengungsi berada di enam kecamatan di Kabupaten dan Kota Kediri. Pengungsi terbanyak berada di Masjid Annur, Kecamatan Pare dengan jumlah pengungsi mencapai 2.825 jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement