Rabu 12 Feb 2014 23:35 WIB

Kadin: Mendag yang Baru Harus Berpihak Pada Pengusaha Lokal

Rep: Friska Yolandha/ Red: Bilal Ramadhan
Pengunduran diri Gita Wirjawan Sebagai Mendag
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Pengunduran diri Gita Wirjawan Sebagai Mendag

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan pengganti Gita Wirjawan. Pengusaha berharap mendag yang baru bisa menjaga kestabilan perdagangan Indonesia, baik domestik maupun luar negeri.

Ketua Kamar Dagang DKI Jakarta Eddy Kuntadi mengharapkan Lutfi berpihak pada pengembangan usaha domestik. "Meski tugasnya berat, mendag harus berani tegas dan berpihak pada pengusaha lokal," kata Eddy, Rabu (12/2).

Ada banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh mendag dalam waktu yang singkat ini. Salah satunya adalah bagaimana mengimplementasikan UU Perdagangan yang baru saja dirilis.

Banyak pihak menilai UU ini cukup liberal. Pengusaha ingin melihat bagaimana mendag dapat meramu UU ini untuk mendukung pengusaha lokal dan meningkatkan perdagangan dalam negeri. Lutfi dinilai tepat menjabat jabatan ini karena rekam jejaknya di dunia perdagangan.

Pengalamannya sebagai ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) dinilai menjadi bekal baginya untuk menjalankan tugas. Belum lagi pengalamannya sebagai pengusaha dan duta besar Indonesia untuk Jepang. "Dia punya kejelian melihat posisi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Eddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement