Ahad 09 Feb 2014 11:02 WIB

CCTV Pantau Gunung Api

 Seorang pria menyaksikan Gunung Sinabung menyemburkan debu vulkanik, di Desa Perteguhen, Karo, Sumut, Senin (6/1).    (AP/Binsar Bakkara)
Seorang pria menyaksikan Gunung Sinabung menyemburkan debu vulkanik, di Desa Perteguhen, Karo, Sumut, Senin (6/1). (AP/Binsar Bakkara)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memasang sejumlah closed circuit television (CCTV) di gunung api aktif guna membantu pengamatan visual.

"Perangkat CCTV dipasang dari titik pengamatan terdekat dan strategis di gunung api, terakhir pemasangan CCTV di Gunung Kelud," kata Kepala Pusat PVMBG Badan Geologi Hendrasto di Bandung, Ahad (9/2).

Menurut Hendrasto, CCTV tersebut diarahkan ke kawah aktif yang terpantau secara online oleh pengamat dari Posko Pengamatan Gunung Api (PPGA) setempat.

Sejumlah CCVT dipasang di sejumlah gunung api yang sering aktif seperti Gunung Semeru, Bromo, Tangkuban Parahu, Merapi, Sinabung, dan di sejumlah gunung api di Halmahera.

Perangkat pengamatan CCTV merupakan salah satu pendukung pengamatan gunung api disamping pengamatan seismograf.

"Hasil pengamatan seismograf dan CCTV terpantau langsung ke Posko PGA setempat, selanjutnya hasilnya dipantau di Crisis Center PVMBG di Bandung," kata Hendrasto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement