Ahad 09 Feb 2014 09:26 WIB

Persediaan Masker Relawan Sinabung Menipis

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Citra Listya Rini
Masker
Masker

REPUBLIKA.CO.ID, KABANJAHE -- Tim penanggulangan bencana Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara (Sumut) kekurang stok masker. Masker itu, diperlukan tim penanggulangan bencana agar nafas terhindar dari debu vulkanik yang beredar di wilayah Sinabung dan sekitarnya.

Seperti yang Republika lihat di Posko Utama bantuan, Kabanjahe, Karo. Anggota TNI dari Kodim 0205, Tanah Karo tampak kebingungan mencari masker untuk membantu mereka melaksanakan tugas kemanusiaan.

"Ini kami akan laksanakan bersih-bersih kampung di desa-desa, tapi tak ada masker," kata T. Banua, tentara yang mengomandoi operasi bersih-bersih di Posko utama Sinabung, Ahad (9/2). 

Meski akhirnya masker mereka dapatkan. Namun. jumlah dan jenisnya menurut mereka kurang memadai untuk digunakan dalam misi bersih-bersih ini.

"Baiknya ada yang lebih kencang talinya dan kuat bahannya," kata Banua sambil berlalu meninggalkan pos.

Sementara itu, koordinator Palang Merah Indonesia (PMI) di posko utama Kabanjahe, Karo Junaedi mengatakan, saat ini stok masker memang selalu menjadi incaran siapapun. Baik itu pengungsi maupun relawan, masker paling dicari sehingga cepat habis. "

Tapi stok akan terus diisi karena masker merupakan salahsatu kebutuhan utama," kata Karo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement