Jumat 07 Feb 2014 16:09 WIB

Jumat Wajib Berpeci di Kota Bandung

Rep: c30/ Red: Joko Sadewo
Peci Sufi - ilustrasi
Peci Sufi - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Selain bersepeda, hari Jumat juga dicanangkan sebagai hari berpeci bagi PNS di lingkungan Pemkot Bandung. Imbauan itu disampaikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Balai Kota, Jumat (7/2).

"Menurut Bung Karno, peci hitam itu identitas lelaki Indonesia. Tidak ada hubungan dengan agama islam. Selain itu, kalau pakai peci, kegantengannya bertambah," kata Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, Jumat Berpeci digagas untuk melestarikan identitas nasional. Dikatakannya, aturan tersebut juga diimbau untuk masyarakat Bandung secara umum.

"Saya mah semua urusan pengennya warga mengikuti, tapi kapasitasnya hanya bisa mengimbau. Jadi kewajiban pakai peci ini hanya untuk PNS saja," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemkot Bandung memberlakukan tema-tema seragam berbeda setiap hari. Untuk hari Senin, PNS Pemkot Bandung menggunakan pakaian Linmas, Selasa Pakaian Dinas Harian (PDH), Rabu pangsi dan iket untuk laki-laki serta kebaya dan karembong untuk perempuan, Kamis PDH batik, dan Jumat dengan PDH batik berpeci.

Aturan terkait seragam tercantum dalam Surat Edaran Setda No.060/508-Bag Orpad Tentang Pakaian Dinas PNS di Lingkungan Pemkot Bandung. "Ini bagian dari perubahan pelan-pelan. Saya hanya ingin agar warga Bandung punya identitas," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement