Rabu 05 Feb 2014 08:23 WIB

Jokowi: Dua Waduk Baru Dibangun Mulai Pekan Ini

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Jokowi
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun sembilan waduk baru sebagai salah upaya menanggulangi banjir di Ibu Kota. Dua dari sembilan waduk tersebut akan mulai dibangun pekan ini.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, dua waduk itu berada di Rorotan dan Cengkareng. Menurut dia, pembebasan lahan untuk pembangunan dua waduk itu sudah selesai. Sehingga pengerjaan fisiknya sudah bisa langsung dikerjakan. "Pekan ini kita mulai. Itu dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum kita," ujar mantan Wali Kota Solo tersebut, Rabu (5/2).

Menurut Jokowi, pembangunan dua waduk itu diperkirakan akan selesai dalam waktu dua tahun. Namun, kata dia, tahun ini waduk tersebut sudah bisa menampung air hujan supaya tidak semuanya tumpah ke jalan.

Kepala Dinas PU DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan mengatakan, anggaran untuk dua waduk itu sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014. Meski demikian, ia mengaku tidak ingat berapa detail angkanya.

"Tapi biayanya lebih murah kok. Karena nanti alat yang kita gunakan punya Pemprov, sehingga biaya yang dikeluarkan hanya untuk bahan bakar dan operator," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement