Selasa 04 Feb 2014 17:46 WIB

BNPB Terapkan Program Pemberdayaan Bagi Pengungsi Sinabung

   Sebuah patung diselimuti abu vulkanik Gunung Sinabung di Desa Mardinding, Karo, Sumut, Selasa (4/2).     (Antara/Wahyu Putro)
Sebuah patung diselimuti abu vulkanik Gunung Sinabung di Desa Mardinding, Karo, Sumut, Selasa (4/2). (Antara/Wahyu Putro)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana menerapkan program pemberdayaan bagi ribuan warga Kabupaten Karo yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung.

Dalam pesan singkat diterima di Medan, Selasa, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan secara umum kebutuhan dasar pengungsi telah dipenuhi dan ditangani dengan baik.

Selaku Komandan Satgas Nasional Penanganan Erupsi Gunung Sinabung, Kepala BNPB Syamsul Maarif memimpin langsung pengerahan berbagai potensi nasional untuk menangani dampak bencana di Sinabung.

Namun sayangnya, banyaknya bantuan yang diberikan untuk pengungsi erupsi Gunung Sinabung tersebut dinilai ada juga yang menimbulkan ekses negatif.

Berdasarkan laporan pejabat di jajaran Pemkab Karo, disinyalemen ada anak-anak yang menjadi malas belajar dan tidak mau diajak kembali ke rumah karena mengalami ketergantungan dengan banyaknya bantuan tersebut.

Kondisi ketergantungan terhadap bantuan tersebut dinilai cukup membahayakan dalam menuju visi bangsa Indonesia yang tangguh menghadapi bencana.

"Bantuan seharusnya memberdayakan, bukan menyediakan saja," katanya.

Untuk mengatasi hal itu, BNPB bersama dengan civitas akademika Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) menjalankan program pemberdayaan bagi pengungsi Sinabung.

Diantaranya program pemberdayaan tersebut adalah menyiapkan rumah yang disewa untuk dijadikan lokasi bimbingan belajar bagi anak-anak pengungsi Sinabung.

 

 Untuk pemberdayaan di bidang ekonomi, BNPB telah menghubungi Kementerian UKM dan Koperasi serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar menjalankan peran dalam pemberdayaan masyarakat Karo.

Ia menambahkan meski aktivitas vulkanik Gunung Sinabung cenderung menurun dibandingkan November hingga Desember 2013, tetapi jumlah pengungsi terus bertambah setiap hari.

Dari pendataan hingga Selasa siang, jumlah pengungsi tersebut mencapai 31.739 jiwa atau 9.915 kepala keluarga yang tersebar di 42 lokasi pengungsian.

Jumlah pengungsi tersebut berasal dari 34 desa, dan banyak pengungsi berasal dari daerah yang berada diluar radius lebih dari 5 km dari Gunung Sinabung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement