Ahad 02 Feb 2014 19:48 WIB

Gempa Bumi Kejutkan Warga Cilacap

Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Sejumlah warga Desa Kalikudi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Ahad (2/2) sekitar pukul 18.12 WIB, dikejutkan dengan gempa bumi. Meski demikian, guncangan gempa tersebut terasa tidak terlalu kuat dan hanya berlangsung sekitar tiga detik.

Sementara itu, beberapa warga Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, yang merasakan gempa tersebut langsung memukul kentongan. Kendati demikian, gempa tersebut tidak menimbulkan kepanikan warga. Bahkan, warga tetap tenang dan melaksanakan shalat Maghrib seperti biasa.

Siti Marjam, warga setempat, mengaku baru mengetahui jika ada gempa setelah diberi tahu anaknya yang sedang di dalam kamar. "Kebetulan saya sedang menggendong cucu karena ibunya sedang mengambil air wudu di belakang. Tiba-tiba anak saya teriak kalau ada gempa dan setelah saya lihat ke atas, lampu tampak bergoyang," katanya.

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara Ahmad Lani mengatakan bahwa gempa yang terjadi sekitar pukul 18.12 WIB tersebut berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR). "Pusat gempa berlokasi di 8,38 derajat lintang selatan dan 109,28 derajat bujur timur atau sekitar 138 kilometer barat daya Banjarnegara dengan kedalaman 33 kilometer," katanya.

Jika mengacu pada gempa yang terjadi pada tanggal 25 Januari 2014 yang berkekuatan 6,5 SR, pusat gempa yang terjadi pada hari Ahad (2/2) diperkirakan berada di barat daya Kebumen atau selatan Adipala.

Pada 25 Januari lalu gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang Cilacap. Pusat gempa tersebut berlokasi di 8,48 derajat lintang selatan dan 109,17 derajat bujur timur atau 104 kilometer barat daya Kebumen dengan kedalaman 48 kilometer.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement