Kamis 30 Jan 2014 07:20 WIB

Ini Usulan Ketua DPR Tangani Banjir

Ketua DPR RI Marzuki Alie
Foto: ANTARA/Rosa Panggabean
Ketua DPR RI Marzuki Alie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR, Marzuki Alie, mengatakan penangangan banjir harus sistematis dan tidak hanya ditangani secara simtomatis seperti yang selama ini terjadi. Berbagai penyebab banjir dan kondisi kekinian harus dipetakan dari hulunya sampai hilir. Lalu diperhitungkan solusinya untuk dijalankan.

“Yang pertama tentunya mengembalikan fungsi sungai, kalau masih tidak mencukupi baru dibangun waduk-waduk penampung air sebagai penampung air untuk diarahkan ke laut. Bendungan pun harus dibangun agar bisa diatur debit airnya,” katanya dalam pernyataan, kemarin.

Penangangan banjir harus dengan pengambilan kebijakan yang komprehensif dan konsiten dilaksanakan. ”Ini logika saja dan jelas hitung-hitungannya kok, yang penting konsisten dilaksanakan karena memang tidak ada cara lain,” ujar Marzuki lagi.

Wakil Ketua BURT, Refrizal mengatakan bahwa DPR akan mendukung penuh penanggulan banjir di Jakarta, asalkan pemerintah bisa memberikan rencana yang benar-benar bisa menanggulangi banjir dan menjalankannya secara konsisten.

Selama ini sudah banyak rencana dikembangkan tapi tidak ada sat pun yang diekesekusi secara konsisten. ”Masalahnya di konsistensi. Sudah banyak rencana tapi tidak pernah konsiten dilakukan. Baru ribut setelah banjir,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement