Jumat 17 Jan 2014 11:42 WIB

Sekolah AMEC Sediakan Penitipan Anak Selama Pemilu

Gedung Komisi Pemilihan Umum
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Gedung Komisi Pemilihan Umum

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sekolah Al Ma'mun Education Center (AMEC) Kota Depok Jawa Barat membuka layanan penitipan anak atau Daycare for Election untuk para peserta pemilu, untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu.

"Kami menyambut baik dukungan dari Sekolah AMEC yang membuka sekolahnya untuk penitipan anak-anak dari tim sukses maupun caleg," kata Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, Jumat.

Selain penitipan anak, Sekolah AMEC juga membuka stand penitipan anak di lapangan-lapangan ataupun juga tempat kampanye.

Sehingga para orang tua bisa melaksanakan kegiatan politiknya, sedangkan anak-anaknya mendapatkan permainan dan akivitas di bawah asuhan para perawat Sekolah AMEC.

"Pembukaan penitipan anak ini merupakan partisipasi dunia pendidikan untuk menyukseskan pemilu 2014, sekaligus sebagai realisasi dari program Kota Depok sebagai Kota Layak Anak," katanya.

Wali Kota mengatakan kita seringkali menyaksikan banyaknya anak-anak yang dibawa serta untuk mengikuti kampanye oleh orang tuanya.

Pada kampanye tersebut, anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun terpaksa harus ikut merasakan panasnya sengatan matahari yang terik serta teriakan-teriakan penuh emosi dari para peserta kampanye.

Belum lagi udara kotor yang harus mereka hirup dari asap knalpot kendaraan bermotor atau mobil bak terbuka yang dipakai untuk kampanye, membuat kondisi fisik dan psikis anak menjadi tidak nyaman.

Dikatakannya, pelibatan anak-anak dalam kampanye merupakan upaya pemaksaan dan eksploitasi anak yang bukan ramah anak, karena selain anak-anak terpaksa harus tersengat terik matahari.

Tak hanya itu, mereka pun menghirup udara kotor dari zat buang knalpot, tanpa disadari anak-anak juga mendengarkan kata-kata atau kalimat kampanye yang pada umumnya bersifat promotif dan memuji diri/kelompok secara berlebihan. "Ini dikhawatirkan bisa mengakibatkan munculnya sikap mental yang tidak baik bagi anak," ujarnya.

Dengan adanya penitipan anak di Sekolah AMEC, anak-anak diasuh dan diajak bermain oleh para guru PAUD, KB, dan TK AMEC serta para siswa-siswi keperawatan AMEC.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement