Kamis 16 Jan 2014 10:53 WIB

Waspada, Kasir Minimarket Jadi Incaran 'Hipnotis'

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Dewi Mardiani
Minimarket (ilustrasi)
Foto: nusawarta
Minimarket (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Daerah Metro Jaya mengingatkan kepada kasir minimarket agar lebih berhati-hati dalam melayani pelanggan yang ingin melakukan pembayaran. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto mengatakan, modus 'hipnotis' sudah menyebar ke dalam minimarket dan targetnya bukan pembeli.

''Tetap cara mereka membuat bingung korbannya,'' kata dia, Rabu (15/1). Polisi telah menangkap sejumlah pelaku tindak kejahatan penipuan tersebut dengan modus tersebut beberapa bulan lalu. Menurut Rikwanto, kasus pernah terjadi ini diawali dengan pelaku belanja barang yang banyak. Pelaku biasanya bisa mencapai dua sampai tiga orang.

Mereka pun melihat keadaan minimarket tersebut, jika sepi dan kasir tanpa pengawalan orang di sampingnya maka mereka langsung melakukan transaksi. ''Pas mereka bayar terjadi dialog panjang,'' kata Rikwanto.

Dialog panjang antara ketiganya ini yang menjadi kunci keberhasilan mereka. Mereka bersahut-sahutan di depan kasir mengenai barang-barang yang mereka beli. ''Barang A dibayar B, barang B dibayar A, atau barang C dibayar A, terus seperti itu, diputar-putar kembali oleh mereka bertiga sampai kasir kebingungan,'' kata Rikwanto.

Setelah kasir bingung dan hilang konsentrasi barulah korban digiring untuk menyerahkan uang di dalam box. Korban yang tidak sadar atau masih dalam kebingungan menyerahkan begitu saja. Setelah beberapa menit pelaku melarikan diri, korban baru sadar bahwa ada tindak penipuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement