Jumat 10 Jan 2014 13:31 WIB

Ada Bandara Komersial, Jalanan di Kawasan Halim Bakal Diperlebar

Rep: c01/ Red: Nidia Zuraya
 Suasana Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (9/1), jelang dioperasikan sebagai bandara komersil.   (Republika/Wihdan Hidayat)
Suasana Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (9/1), jelang dioperasikan sebagai bandara komersil. (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan mengatakan, pihaknya akan melakukan pelebaran jalan di kawasan Halim Perdanakusuma. Hal itu sebagai konsekuensi adanya bandara komersial di kawasan tersebut.

"Kalau nanti ada pengingkatan penggunaan, kami akan lebarkan kapasitas jalan. Supaya bisa mendukung optimalisasi penerbangaan dari dan menuju Halim," kata Manggas di Balai Kota, Jumat (10/1). Menurut dia, dalam waktu dekat Dinas PU akan melakukan kajian untuk menentukan ruas jalan mana saja yang harus dilebarkan sehingga kapasitas bertambah.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, sejauh ini belum ada peningkatan arus lalu lintas yang berarti di sekitar bandara. Namun demikian, Jokowi memprediksi, arus kendaraan akan semakin padat seiring dengan meningkatnya jumlah penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma. Karenanya, ruas jalan juga perlu ditambah.

"Saya lihat masih bagus, masih bisa menampung lalu lintas. Tapi nanti akan semakin banyak penumpang. Artinya bisa ribuan mobil sehingga harus dipikirkan dari sekarang," kata mantan Wali Kota Solo tersebut usai meninjau Bandara Halim Perdanakusuma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement