Jumat 10 Jan 2014 09:24 WIB

Anies Baswedan: Sejahterakan Para Guru

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Karta Raharja Ucu
Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan
Foto: Republika/Palupi
Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peserta Konvensi capres Partai Demokrat, Anies Baswedan berkata, pengembangan sumber daya manusia harus kembali menjadi fokus utama.

Ia berpendapat, Indonesia memiliki potensi luar biasa jika mampu mendidik dan memberdayakan manusianya. "Saya akan mengembalikan manusia menjadi fokus pembangunan," kata Anies, dalam temu media di Sekretariat Komite Konvensi Capres Partai Demokrat, Kamis (9/1).

Rektor Universitas Paramadina itu menilai, kerja pemerintah dan bangsa harus memerhatikan pengembangan sumber daya manusia.

Anies mengatakan, perlunya peningkatan kualitas pendidikan. Menurutnya, kunci pendidikan adalah pemahaman konsep.

Dalam pendidikan, kata Anies, konsepnya adalah interaksi antarmanusia, pendidik dan peserta didik. "Jadi kalau mau memajukan pendidikan, perbaiki kualitas interaksinya," kata penggagas gerakan Indonesia Mengajar itu.

Selain itu, menurut Anies perlu peningkatan kualitas para guru dan kepala sekolah. Ia berujar, harus ada distribusi yang merata ke seluruh Indonesia.

Ia juga menekankan pentingnya kesejahteraan tenaga pendidik. "Sejahterakan para guru, pastikan mereka sejahtera," ujar Anies.

Anies yakin, peningkatan kualitas, kesejahteraan, dan distribusi yang merata dapat menopang pendidikan Indonesia. Ia ingin, Indonesia bisa menghasilkan sumber daya manusia yang terdidi dan berdaya.

Menurutnya, semua pihak tidak hanya melulu berkosentrasi pada kurikulum dan fasilitas. Karena, kedua faktor itu hanya menjadi penunjang dalam pendidikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement