Kamis 09 Jan 2014 15:34 WIB

PDIP Tak Jadikan Survei Sebagai Patokan Pilih Capres

Tjahjo Kumolo
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PDI Perjuangan tidak menjadikan hasil survei sebagai alat satu-satunya penentu nama bakal calon presiden dan calon wakil presiden.

"Hasil survei bukan satu-satunya alat pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan politik partai terkait dengan capres dan cawapres," kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo di Semarang, Kamis (9/1), ketika merespons hasil survei yang menempatkan PDI Perjuangan pada posisi teratas.

Tjahjo yang juga anggota Komisi I DPR RI mengatakan, prinsipnya PDI Perjuangan mengapresiasi positif dan bersyukur partainya masih berada pada posisi di atas dengan persentase 20 persen perolehan suara walau ada catatan penurunan.

Menurutnya, sejak diumumkannya calon anggota legislatif (caleg) dari partai politik kontestan Pemilu 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), struktur PDI Perjuangan dan calegnya di daerah pemilihan masing-masing melakukan konsolidasi dan sosialisasi ke daerah walau belum optimal.

Menyinggung kembali hasil survei yang dilakukan salah satu surat kabar nasional, Tjahjo mengemukakan dari sejumlah nama capres yang masuk nominasi, masih tetap dua kader andalan PDI Perjuangan, yakni Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum DPP PDI Perjuangan) dan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi).

PDI Perjuangan, kata Tjahjo, juga mencermati gelagat dinamika politik nasional yang dinamis, khususnya perkembangan parpol dan nominasi capres lain. Di samping menjadikan hasil survei salah satu pertimbangan partai untuk menyusun strategi partai dan Pilpres 2014 mendatang.

Soal kapan partai deklarasi, menurutnya, ada monentum yang pasti akan diambil dengan cermat oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang telah mendapat mandat partai melalui keputusan Rakernas I PDI Perjuangan.

"Memang perlu kesabaran revolusioner, khususnya bagi kader PDI Perjuangan yang memahami mekanisme partai," kata calon tetap anggota DPR RI periode 2014--2019 dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah I (Kota/Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Kendal) itu.

Dalam kesempatan itu Tjahjo atas nama DPP PDI Perjuangan menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan perhatian dari segenap lapisan masyarakat dan pers khususnya yang selalu mencermati pergerakan kader partai yang dinominasikan sebagai capres.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, S.H. lantas menekankan, "Solidaltas partai yang kami utamakan dalam pengambilan keputusan politik partai," ucap Tjahjo mengakhiri.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement