Ahad 29 Dec 2013 13:00 WIB

130 Rumah di Medan Maimun Kebanjiran

Banjir. Ilustrasi.
Banjir. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Dilaporkan 130 rumah di Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun tergenang air akibat banjir pascameluapnya Sungai Deli karena tingginya curah hujan pada Sabtu (28/12) malam.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Nirwan di Medan, Ahad (2912) , mengatakan, luapan Sungai Deli yang menggenangi rumah warga tersebut mulai terjadi pada Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Namun karena hujan lebat terus turun, luapan Sungai Deli tersebut semakin tinggi menjelang pukul 24.00 WIB yang menyebabkan genang air semakin tinggi. "Ketinggian air yang menggenangi rumah warga itu mencapai satu meter," katanya.

Namun menjelang Ahad siang, genangan air tersebut mulai surut sehingga warga yang rumahnya tergenang mulai kembali ke tempat tinggal masing-masing.

"Pada Minggu siang, kondisi mulai terkendali sehingga tidak perlu evakuasi karena warga mulai kembali ke rumah masing-masing," kata Nirwan.

Genangan air yang cukup tinggi juga terjadi di Jalan Asoka, Kecamatan Medan Selayang disebabkan curah hujan lebat yang terjadi pada Sabtu malam tersebut. Namun genangan air yang melanda ruas jalan dan sebagian besar halaman rumah warga tersebut bukan disebabkan luapan sungai, tetapi karena faktor sistem drainase yang tidak berfungsi.

"Drainasenya kurang berfungsi, air tidak dapat mengalir sehingga menggenangi ruas jalan dan halaman rumah warga," ujar Nirwan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement