Jumat 27 Dec 2013 11:42 WIB

Perajin Sesuaikan Model Terompet dengan Tren di Masyarakat

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Hazliansyah
Perajian terompet. (ilustrasi)
Foto: Antara/Lucky.R
Perajian terompet. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Terompet merupakan salah satu benda yang ikut memeriahkan malam pergantian tahun. Berbagai modelnya pun selalu berubah, mengikuti tren yang ada di masyarakat.

Salah seorang perajin di sentra pembuatan terompet di Kampung Tegalan, Desa/Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Anan, mengatakan, biasanya dia melihat film-film kartun di televisi yang sedang digandrungi untuk menentukan bentuk terompet yang akan ia buat. Seperti misalnya, film kartun sponge bob. Karena itu, model terompetnya pun dibuat seperti sponge bob.

 

Selain sponge bob, model terompet juga disesuaikan dengan benda-benda yang disukai masyarakat. Seperti misalnya, bentuk gitar, tanjidor, naga, dan kupu-kupu. Ukurannya pun berbeda-beda, ada yang besar dan kecil.

 

"Modelnya lihat di televisi, apa yang sedang tenar," ujar Anan, Jumat (27/12).

 

Namun untuk tahun ini, tren terompet yang sedang digemari adalah model hewan seperti naga, ayam, dan burung. Namun, bentuk terompet hewan itu diberi inovasi berupa hiasan berbahan spon sebagai bulu pada terompet ayam dan burung, serta sisik pada terompet naga.

"Pesanan terompet dengan model seperti itu sangat digemari para pelanggan dari Sumatra dan Kalimantan," tutur Anan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement