Kamis 26 Dec 2013 18:40 WIB

ASDP Siapkan 27 Kapal Sambut Libur Tahun Baru

 Sopir beristirahat diatas truknya yang menanti kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (4/8).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Sopir beristirahat diatas truknya yang menanti kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (4/8). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- PT Angkutan Sungai Danau dan penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak mengoperasikan 27 kapal 'Roll on Roll of' atau Ro-Ro untuk mengatasi peningkatan jumlah penumpang menjelang Tahun Baru 2014.

"Kami yakin pengoperasian sebanyak 27 kapal Ro-Ro itu dapat memberikan pelayanan terbaik," kata Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario Sardadi Oetomo di Merak, Kamis (26/12).

Ia mengatakan, selama ini kondisi Pelabuhan Merak relatif sepi sehingga penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan tidak terjadi kepadatan.

Situasi di lima dermaga di Pelabuhan Merak tidak terlihat penupukan angkutan. Setiap angkutan langsung naik ke atas kapal Ro-Ro yang bersandar sambil menunggu penyeberangan.

"Kami menjamin 27 kapal Ro-Ro itu bisa mengatasi antrean angkutan maupun lonjakan penumpang Tahun Baru," katanya.

Menurut dia, pengoperasian kapal sebanyak 27 kapal Ro-Ro dapat melayani perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung, mencapai 90 trip. Selain itu juga kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Merak antara 60 sampai 80 menit kapal bisa diseberangkan ke Bakauheni Lampung.

Selama ini, ujar dia, penumpang dan kendaraan bisa terlayani dengan baik melalui 27 kapal itu. "Kami tetap mengutamakan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang menggunakan jasa angkutan penyeberangan dengan selamat sampai tujuna," ujarnya.

Berdasarkan data rekapitulasi angkutan Natal dan Tahun Baru 2014, Kamis (26/12 mulai pukul 24.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB tercatat 32.538 orang terdiri dari 5.543 penumpang jalan kaki dan 26.995 penumpang di atas kendaraan.

Sedangkan, jumlah kendaraan 6.405 unit terdiri dari roda dua sebanyak 901 unit, roda empat tercatat 3.165 unit, bus 324 dan truk 2.015 unit. "Semua penumpang dan kendaraan bisa diseberangkan dengan lancar tanpa terjadi antrean," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement