Rabu 11 Dec 2013 17:18 WIB

Saat Jokowi Bergaya Bak Sopir Truk

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Joko Widodo saat mengendarai truk sampah baru di lapangan parkir Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (11/12).
Foto: Republika/Halimatus Sadiyah
Joko Widodo saat mengendarai truk sampah baru di lapangan parkir Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (11/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghadiri acara peresmian pengoperasian 92 truk sampah baru milik Dinas Kebersihan. Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan parkir Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (11/12).

Dalam acara yang dihadiri oleh ratusan petugas kebersihan itu, Jokowi tanpa ragu bergaya bak sopir truk sampah. Dia menaiki salah satu armada baru truk dan mencoba mengemudikannya sejauh lima meter.

"Ini harus dirawat dan dijaga. Jangan dibawa ngebut," ujar gubernur yang mengaku memiliki SIM B1 tersebut.

Jokowi mengatakan, peremajaan truk sampah memang sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kebersihan di lingkungan masyarakat.

Sebab, menurut dia, salah satu kendala penanganan sampah di DKI selama ini dikarenakan minimnya armada pengangkut sampah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengatakan, 92 truk sampah baru tersebut dibeli melalui sistem e-purchasing, yaitu sistem pembelian barang yang sudah didaftarkan ke dalam e-catalog. Dia mengatakan, pembelian barang melalui sistem baru itu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem lelang.

Sebab, ucap dia, jika menggunakan lelang, dengan anggaran yang dimiliki Dinas Kebersihan hanya bisa membeli 82 truk sampah. Sementara, dengan menggunakan e-catalog, dapat membeli 92 truk sampah. 

"Karena pakai e-catalog ini, kita bisa menghemat anggaran Rp 2,9 miliar," papar Unu kepada wartawan, Sabtu (7/12).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement