Sabtu 07 Dec 2013 09:45 WIB

Dapat Ribuan Pasang, Stok Buku Nikah Tangerang Aman

Rep: Nurhamidah/ Red: Dewi Mardiani
Buku nikah (Ilustrasi)
Foto: Republika
Buku nikah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang menyatakan sudah memperoleh kiriman 8.000 pasang buku nikah. Stok tersebut dipastikan aman untuk jatah Delapan sampai Sembilan bulan ke depan.

Staf Pelaksana Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kemenag Kota Tangerang, Tutun HS menuturkan pihaknya memperoleh buku nikah tersebut dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag, Banten. “Stok aman, sudah dikirim 8.000 pasang buku nikah pada 12 November kemarin, ” katanya, Sabtu (6/12). Sebanyak 2.000 pasang buku nikah sudah didistribusikan ke 13 kecamatan yang tersebar di Kota Tangerang.

Tutun mengatakan stok 8.000 pasang buku nikah tersebut untuk jatah Delapan sampai Sembilan bulan ke depan. Menurutnya, pihaknya mematok 1.000 pasang buku nikah untuk setiap bulan pada delapan bulan ke depan. Artinya persediaan buku nikah untuk masyarakat akan terlayani.

Menurutnya, biasanya ada sekitar 800 – 900 buku nikah setiap bulannya yang keluar untuk pernikahan. Pada Oktober dan November tahun ini mengalami peningkatan pelayanan buku nikah. Untuk Oktober lalu ada sekitar 1.500 buku nikah yang terpakai. Sedangkan pada bulan November terdapat 1.176 buku nikah yang keluar.

“Oktober – November kemarin bertepatan dengan bulan haji jadi banyak yang menikah,” ungkapnya. Akibatnya permintaan buku nikah dari setiap kecamatan meningkat sehingga stok pada saat itu tinggal 50 pasang buku nikah. Namun pada bulan – bulan lainnya hanya sekitar 500-an buku nikah yang biasanya keluar dari 13 kecamatan.

Menurut Tutun, total dari Januari – November 2013 ada 12.099 pasang buku nikah yang digunakan. Jumlah tersebut belum termasuk dengan Desember sehingga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Jumlah buku nikah yang keluar pada tahun 2012 adalah 11.708 pasang dari Januari – Desember. Ia berharap pada tahun 2014 stok buku nikah untuk masyarakat bisa terlayani dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement