Rabu 04 Dec 2013 17:27 WIB

Harga Gas LPG 12 Kg di Yogya Mencapai Rp 85 Ribu

Rep: Yulianingsih/ Red: Djibril Muhammad
Gas Elpiji 12 kg
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Gas Elpiji 12 kg

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Harga gas LPG ukuran 12 kilogram (Kg) di Yogyakarta naik signifikan dalam sepekan terakhir. Harga gas ukuran tersebut di tingkat eceran saat ini mencapai Rp 85 ribu per tabungnya.

"Naik baru kemarin jadi Rp 85 ribu, sebelumnya juga sudah naik tetapi tidak terlalu tinggi," ujar Rohmah, penjaga swalayan di Jalan Imogiri Timur, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (4/12).

Dua pekan lalu kata dia, harga gas LPG ukuran 12 Kg masih Rp 75-76 ribu. Namun sepekan kemudian harga gas tersebut naik menjadi Rp 80-an ribu. Per 1 Desember kemarin harga gas ukuran tersebut sudah dijual di eceran sebesar Rp 85 ribu. "Dari suplyernya juga sudah naik," ujarnya.

Bahkan kata dia, menjelang tahun baru 2014 mendatang harga gas ini juga dikabarkan akan mengalami kenaikan lagi. "Beli sekarang saja, kalau besok-besok naik lagi pasti," katanya.

Hal senada diungkapkan, Basuki, seorang pengecer gas di Kotagede, Yogyakarta. Menurut dia, sepekan lalu pihaknya masih menjual gas LPG ukuran 12 Kg tersebut dengan harga Rp 81 ribu. "Saat kulakan kembali harganya sudah naik segitu. Ada kenaikan sekitar Rp 6 ribu dari harga sebelumnya," katanya.

Oleh sebab itu, dia menjual gas LPG ukuran 12 Kg tersebut Rp 85-86 ribu.

Kasie Pengawasan Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta, Sri Harnani mengatakan, pihaknya belum mengetahui jika ada kenaikan harga jual gas LPG ukuran 12 Kg di lapangan.

"Kita akan konfirmasi dulu ke Pertamina terkait kenaikan harga ini, apakah benar ada kenaikan harga dari Pertamina atau bagaimana," ujarnya.

Meski begitu kata dia, pihaknya akan melakukan survei ke pengecer di lapangan terkait kenaikan harga gas LPG tersebut.

Sementara itu Iwan Setyawan dari DPD Himpunan Wiraswasta  Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kota Yogyakarta mengatakan, memang ada kenaikan harga gas LPG ukuran 12 Kg tersebut dari Pertamina. "Untuk kenaikannya berapa silakan tanya ke Pertamina," katanya.

Namun kata dia, hal itulah yang menyebabkan harga di tingkat eceran gas tersebut naik. Di Kota Yogyakarta sendiri kata dia, ada 12 agen gas LPG ukuran 12 Kg tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement