Rabu 04 Dec 2013 07:00 WIB

Ribuan Warga Lampung Tes Gratis HIV&AIDS;

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Didi Purwadi
Peduli HIV/AIDS
Foto: Antara
Peduli HIV/AIDS

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Ribuan orang berbagai usia berdatangan untuk memeriksakan diri di lapangan Enggal, Bandar Lampung, Selasa (3/12). Mereka bersungguh-sungguh ingin mengetahui apakah terdeteksi penyakit human immunodeficiency virus (HIV) atau acquired immuno deficiency syndrome (AIDS).

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandar Lampung menyelenggaraan pemeriksaan ini secara gratis, dalam rangka hari AIDS se-dunia ini.

"Ini pemeriksaan gratis," kata Widi, seorang warga yang memeriksakan kesehatan dirinya secara gratis.

Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN, membuka kegiatan tes penyakit HIV/AIDS ini. Kehadiran ribuan warga dari berbagai kelompok masyarakat ini menambah menarik pemandangan warga yang melintas di lapangan tersebut.

Koordinator KPA Bandar Lampung, Rendi, mengatakan kegiatan ini bagian dari peringatan Hari AIDS se-dunia. Rangkaian kegiatan ini terdapat pencanangan gerakan warga peduli AIDS seluruh kelurahan di Tanjungkarang Pusat dan Enggal serta kelurahan Panjang Selatan dan Way Lunik sebagai pilot project warga peduli AIDS Provinsi Lampung.

Menurut dia, kegiatan ini perlu disosialisasikan agar keberadaan warga terhadap kesehatannya dan juga bagi yang terindikasi  HIV/AIDS dapat terselamatkan. Selain itu, bagi ODHA yang mengidap HIV/AIDS tidak lagi mendapat perlakuan tidak adil di masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement