Selasa 03 Dec 2013 03:04 WIB

Cara Gita Wirjawan Ajak Bule Pakai Batik

Gita Wirjawan
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Gita Wirjawan

REPUBLIKA.CO.ID, KUTA -- Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengajak delegasi yang menghadiri Konferensi Parlemen Organisasi Perdagangan Dunia (PCWTO) mengenakan batik seperti yang dikenakannya saat berbicara di depan peserta konferensi tersebut. "Mohon maaf, saya tidak mengenakan pakaian seformal yang Anda kenakan semua dalam konferensi ini," katanya mengawali sambutannya pada PCWTO.

Saat itu Gita mengenakan kemeja batik lengan pendek berwarna cokelat. "Beli batik kami, Anda pasti terlihat lebih keren," katanya dalam Bahasa Inggris yang kemudian disambut tepuk tangan peserta konferensi yang mewakili 163 negara itu.

Pesan itu, menurut dia, juga disampaikan kepada delegasi Konferensi Tingkat Menteri WTO di Nusa Dua pada 3-6 Desember 2013. "Kami ingin ada kesan santai dalam konferensi ini," katanya.

Presiden Komite Perdagangan Internasional Parlemen Eropa Vital Moreira yang bertindak selaku moderator sesi kedua PCWTO itu menyatakan setuju dengan uslan Gita. "Saya setuju memakai batik, tapi sayangnya ruangan ini terlalu dingin," kata Moreira yang juga mendapat aplaus dari para peserta konferensi.

Baik pembicara maupun delegasi PCWTO yang memadati salah satu ruangan di Hotel Patra Jasa, Kuta, itu mengenakan pakaian resmi stelan jas, karena udara dingin dari pengatur suhu ruangan (AC). Bahkan, Ketua DPR Marzuki Alie juga mengenakan "full dress" saat menjadi pembicara pada sesi sebelumnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement