Kamis 21 Nov 2013 23:00 WIB

Sumsel Bangun PLTS

Rep: Maspril Aries/ Red: A.Syalaby Ichsan
Alex Noerdin
Foto: ROL/Fafa
Alex Noerdin

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG -- Pemerintah Sumatera Selatan (Sumsel)  menggarap diversifikasi sumber energi dengan menggarap energi terbarukan berasal dari matahari.

Kali ini, pemprov membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).  Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Kamis (21/11) mengatakan, “Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan punya obsesi untuk berinovasi demi percepatan pertumbuhan ekonomi dengan mengembangkan energi terbarukan. Kita membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di beberapa wilayah kabupaten dan kota,"kata Alex usai rapat paripurna DPRD Sumsel,.

Untuk tahap awal, pemprov akan membangun PLTS kapasitas  satu megawatt di kawasan Jakabaring yang dibiayai dengan dana APBD.

Menurutnya, PLTS akan direalisasikan tahun 2014. Untuk pembangunannya memerlukan lahan seluas dua hektar lahan untuk penempatan panel solar.

Menurut Alex Noerdin pembangunan PLTS kapasitas 1 MW di Jakabaring tersebut selain memenuhi kebutuhan listrik di komplek Jakabaring Sport City dan sekitarnya juga akan menjadi showroom PLTS yang akan dibangun di kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Api-api.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement