Kamis 14 Nov 2013 17:35 WIB

Pasar Kenari Terbakar, Pengunjung Panik

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Dewi Mardiani
Kebakaran (ilustrasi)
Foto: Antara
Kebakaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar Kenari Mas Elektrik di Jalan Salemba, Jakarta Pusat terbakar siang ini. Para pedagang dan pengunjung pasar pun panik.

Kebakaran terjadi di bagian belakang pasar yakni di ruang Panel Room di lantai GA sekitar pukul 11.20, Kamis (14/11). Dalam kebakaran ini, tidak menyebabkan korban jiwa maupun luka-luka.

Hasan (51 tahun), kuli angkut barang di Pasar Kenari, mengatakan kebakaran diduga disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek di dalam panel room yang terhubung dengan gardu listrik. "Ada pengunjung yang ambil motornya di lantai bawah. Dia melihat ada asap mengepul di dalam ruangan panel. Langsung dilaporkan ke satpam," katanya.

Menurutnya, hubungan arus pendek tersebut terjadi lantaran mesin tidak dibersihkan sebelum dinyalakan. Padahal, sebelumnya terjadi hujan deras kemarin.

 

Ketika akan dipadamkan, para petugas pun kesulitan membuka pintu panel room. Karena kunci masih dibawa oleh petugas yang berjaga malam. "Kuncinya dibawa sama yang tugas malam. Jadinya ruangan panel harus didobrak dulu," katanya.

Kepala Seksi Ops Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB), Jakarta Pusat, Sudarno, mengaku mendapatkan laporan adanya kebakaran pada 11.20 WIB. Pihaknya menurunkan sebanyak 13 unit mobil pemadam ke lokasi kebakaran. "15 menit kemudian baru sampai lokasi karena macet. Dan api berhasil dipadamkan setengah jam kemudian," katanya.

Berdasarkan pantauan, kebakaran tersebut sempat menyebabkan kepanikan pengunjung maupun pedagang. Sedangkan arus lalu lintas di depan Pasar Kenari, sempat mengalami kemacetan panjang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement