Sabtu 09 Nov 2013 17:00 WIB

Komik Wayang Berbahasa Inggris, Cara Unik Perkenalkan Budaya Indonesia

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Karta Raharja Ucu
Wayang Kulit
Foto: Republika
Wayang Kulit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk kali pertama komik wayang diluncurkan dalam bahasa Inggris. Komik berjudul 'The Pandawa Story' itu diluncurkan di FX Senayan, Jumat (8/11) kemarin.

Wakil dari CV Sari Rasa Indonesia, Joseph Oka Indriarno, mengatakan komik karya Teguh Santosa itu diluncurkan untuk memelihara budaya Indonesia, serta memperkuat rasa cinta tanah air terhadap budaya sendiri.

Alasan lainnya karena minat warga negara asing atas keindahan budaya Indonesia sangat tinggi. Sehingga, peluncuran komik tersebut menjadi salah satu cara memperkenalkan budaya asli Indonesia.

"Dengan adanya komik The Pandawa Story ini diharapkan masyarakat asing tidak hanya dapat mengenal tokoh pewayangan dan ceritanya. Namun juga dapat dengan mudah memahami budaya Jawa dan filosofi yang terkandung di dalamnya," paparnya.

Ia menambahkan, di era modern, budaya dan seni khas Indonesia perlahan-lahan terkikis dengan masuknya budaya asing. Sehingga jika dibiarkan akan memusnahkan kesenian dan kebudayaan asli Indonesia.

Sari Rasa Indonesia berkomitmen untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya Indonesia, khususnya Jawa. "Untuk itu kami mendukung peluncuran komik ini," tambahnya.

Joseph berkata, bentuk dukungannya tersebut juga dilakukan dengan menggelar pertunjukan wayang selama dua hari di FX Senayan dan diskusi bertema pewayangan. Ia berharap, komik wayang berbahasa Inggris ini dapat mengenalkan budaya asli Indonesia tanpa terkendala bahasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement