Jumat 08 Nov 2013 23:12 WIB

Atasi Kebakaran di Pelosok, Damkar Cimahi Siapkan Pawang Geni

Rep: Alicia Saqina/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Warga RW 10 dan RW 12 Kelurahan Pekojan mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan cara mengatasi kebakaran di kawasan Tambora, Jakarta Barat, Ahad (27/10).  (Republika/Prayogi)
Warga RW 10 dan RW 12 Kelurahan Pekojan mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan cara mengatasi kebakaran di kawasan Tambora, Jakarta Barat, Ahad (27/10). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Seluruh lokasi perkotaan dan kawasan permukiman di Kota Cimahi, tak semuanya dapat dilalui kendaraan besar, khususnya unit pemadam kebakaran bila terjadi kebakaran. Melihat masih tingginya kasus kebakaran yang terjadi dan melanda kawasan permukiman yang terletak jauh di dalam gang-gang, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi pun berinisiatif menyiapkan satu terobosan alat, yaitu Pawang Geni.

Kepala UPTD Damkar Kota Cimahi Uus Supriyadi mengatakan, kini pihaknya tengah merintis pembuatan satu alat pemadam kebakaran seperti yang juga digagas oleh Provinsi DKI Jakarta, Pawang Geni. Pawang Geni milik Damkar Cimahi itu, nantinya akan berfungsi untuk membantu proses pemadaman yang seringkali terjadi di sebuah lokasi yang sulit ditembus unit Damkar.

''Ya, jika sudah seperti itu, praktis kami pun mengalami kesulitan untuk melakukan pemadaman,'' kata Uus, Jumat (8/11), di Pemkot Cimahi.

Ia mengungkapkan, akan disiapkannya alat Pawang Geni itu pun, belajar dari pengalaman peristiwa kebakaran Cimahi yang terjadi beberapa waktu lalu di sebuah wilayah yang sulit dijangkau. ''Belajar dari kasus kebakaran seperti di Cimahi Selatan beberapa waktu, yang lokasinya terlalu ke dalam dan sempit. Sehingga, unit tidak bisa masuk,'' ucapnya. Atas kejadian itu pun, selang pemadaman tak bisa sampai ke lokasi. ''Jelas, hal seperti itu menghambat pemadaman api,'' terangnya.

Uus menerangkan, Pawang Geni pun nantinya mampu disinergikan dengan alat pemadam kebakaran yang lain. ''Kami akan survei ke kota atau daerah lain yang sudah memiliki alat ini. Titik daerahnya sudah ada, tinggal menyiapkan waktu dan anggarannya,'' terangnya.

Ia mengungkapkan, ketersediaan Pawang Geni ini pun, akan ada di setiap kelurahan di Kota Cimahi. ''Jika alat Pawang Geni sudah siap seluruhnya, maka kami akan melakukan pelatihan kepada warga mengenai bagaimana cara pengoperasiannya. Termasuk akan juga digelar simulasi kebakarannya di beberapa titik. Kami berharap 15 alat benar-benar bisa terealisasi,'' papar Uus.

Sementara, seorang warga Cibabat, Wahyu menyambut baik, adanya rencana pengadaan alat pemadam kebakaran Pawang Geni. ''Kami berharap agar hal tersebut, dapat segera diwujudkan. Sebab, jujur saja, kami melihat petugas damkar sering kali sulit menjangkau akses sampai ke gang-gang kecil,'' katanya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement