Kamis 05 Oct 2023 06:51 WIB

Waspada Cuaca Panas, Makin Banyak Ular Masuk ke Permukiman di Cimahi

Tercatat ada 73 ekor ular yang diselamatkan Damkar Kota Cimahi.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Dok Pemadam Kebakaran Kabupaten
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Warga di Jalan Puri Indah 1, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, dikagetkan dengan temuan seekor ular sanca berukuran 2,8 meter, Rabu (4/10/2023). Ular sanca ditemukan di teras salah satu kediaman warga setempat.

Pemilik rumah panik dengan keberadaan ular seberat enam kilogram tersebut. Mereka pun melaporkannya ke Pemadam Kebakaran Kota Cimahi.

Baca Juga

"Betul, kita terima laporan ada ular masuk ke teras rumah warga, sudah kita lakukan rescue," ucap pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Damkar pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi Aep Mulyana.

Ia mengatakan ular besar itu pertama kali ditemukan pemilik rumah saat hendak pergi ke masjid melaksanakan sholat subuh. Ular sanca tersebut melilit di pot bunga di teras rumah.

 

Setelah menerima laporan, petugas langsung menuju lokasi untuk melakukan penyelanatan menggunakan grabstik. Proses evakuasi berjalan lancar dan tidak terdapat kendala.

"Alhamdulillah tidak ada kendala tiba di lokasi warga juga antusias ikut bantu dalam penangkapan ular," kata dia.

Ia mengatakan penemuan ular masuk ke permukiman mengalami peningkatan terutama saat kemarau panjang. Tercatat ada 73 ekor ular yang diselamatkan Damkar Kota Cimahi.

Ular-ular yang berhasil diselamatkan dari pemukiman warga itu tidak dipelihara. Namun, biasanya diserahkan ke komunitas pecinta reptil dan sebagainya.

"Tahun ini banyak ular yang masuk ke kawasan permukiman warga. Ular-ular yang kita tangkap biasanya diserahkan ke komunitas," kata dia.

Ia mengatakan banyaknya ular yang masuk ke permukiman warga karena habitatnya mulai terganggu. Ia meminta agar masyarakat waspada.

"Indikasi ular liar karena cuaca yang panas, kemarau panjang," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement