Senin 04 Nov 2013 00:35 WIB

Dahlan Iskan Jadi Jaka Tingkir

Dahlan Iskan
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Dahlan Iskan

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- Menteri BUMN Dahlan Iskan ikut main dalam pementasan ketoprak di Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Desa Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Pementasan dengan lakon "Joko Tingkir Jumeneng Ratu" itu digelar Ahad (3/11).

Pada pementasan sandiwara tradisional Jawa tersebut, Menteri Dahlan Iskan berperan sebagai Mas Karebet alias Joko Tingkir. Acara mulai digelar sekitar pukul 21.30 WIB.

"Ketoprak ini merupakan ketoprak humor sehingga tidak ada pakem-pakemnya yang tujuannya untuk menghibur masyarakat Magetan, Madiun, dan sekitarnya. Ketoprak ini merupakan puncak acara dari serangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Ke-70 PSM," kata Ketua Majelis PSM Takeran, Magetan, H. Miratul Mukminin.

Menurut dia, kesenian ketoprak dipilih juga sebagai upaya pelestarian budaya. Dalam ketoprak tersebut Menteri Dahlan Iskan akan bermain bersama pemain Ketoprak Humor asal Yogyakarta Marwoto dan juga budayawan regional Jawa Timur, Kirun.

Selain itu, sejumlah direktur utama BUMN juga didapuk ikut bermain, di antaranya Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara X Subiyono, Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara XII Singgih Irwan Basri, dan Direktur Utama PT INKA Agus Purnomo.

Juga sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Magetan, di antaranya Wakil Bupati Magetan Samsi dan Kepala Dinas Pendidikan Magetan Bambang Trianto.

"Tidak ada persiapan khusus untuk main ketoprak kali ini, soalnya baru tiba dari Jakarta dan Bengkulu. Tadi sempat baca naskahnya sebentar, semoga saja bisa ingat dialognya," ungkap Meteri BUMN Dahlan Iskan kepada media sebelum pentas.

Ia mengaku tidak grogi ataupun takut salah meski tidak memiliki persiapan khusus. Sebab, ketoprak yang dimainkannya merupakan ketoprak humor.

"Orang-orang tahu saya bukan pemain ketoprak, jadi tidak apa-apa kalau salah. Saya pernah main ketoprak di Jakarta beberapa kali. Senang bisa main ketoprak di Magetan dan di hadapan keluarga besar serta teman-teman saya," kata Dahlan Iskan.

Selain bermain ketoprak di tanah kelahirannya, Menteri BUMN Dahlan Iskan juga dijadwalkan untuk melakukan sejumlah kegiatan kementerian di Madiun dan sekitarnya, di antaranya memberikan kuliah umum di Universitas Merdeka Madiun pada hari Senin (4/11) dan menghadiri penutupan Festival Reog Nasional (FRN) di Ponorogo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement