Ahad 03 Nov 2013 21:55 WIB

Cihideung Festival Ajarkan Masyarakat Tentang Kreativitas dan Pelestarian Mata Air

   Sesepuh desa memimpin doa di sumber mata air  pada 'Cihideung Festival 2013' di Desa Wisata Bunga Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (3/11).  (Republika/Edi Yusuf)
Sesepuh desa memimpin doa di sumber mata air pada 'Cihideung Festival 2013' di Desa Wisata Bunga Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (3/11). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kegiatan tahunan 'Cihideung Festival 2013' kembali digelar di Desa Wisata Bunga Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (3/11). Berbagai potensi unggulan masyarakat, lengkap dengan seni dan budaya tradisionalnya seperti Ritual Irung-irung, Ngajayak Kembang, Helaran Sasapian, dan Jaipongan ditampilkan pada even tersebut.

Selain ajang promosi wisata serta pelestaraian seni dan budaya tradisional, Cihideung Festival juga merupakan upaya kampanye lingkungan hidup khususnya penyelamatan mata air yang sangat penting bagi kehidupan, seperti pada Ritual Irung-irung. Dalam ritual tersebut masyarakat melakukan bersih-bersih dan doa bersama ditempat keluarnya sumber mata air untuk kelestarian dan keselamatan mata air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement