Kamis 10 Oct 2013 17:42 WIB

BPPT Usulkan Rekapitulasi Elektronik Berbasis SMS

Pemilu 2014
Pemilu 2014

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi mengusulkan tujuh teknologi yang dapat digunakan untuk e-rekapitulasi pada dialog nasional yang membahas mengenai proses Pemilu 2014.

"Teknologi rekapitulasi elektronik ini digunakan untuk menciptakan transparansi dan akuntabilitas hasil Pemilu 2014," kata Kepala BPPT Marzan A Iskandar di Gedung BPPT Jakarta, Kamis.

Di antara tujuh macam teknologi rekapitulasi elektronik yang diusulkan, ada dua pilihan sistem aplikasi yang dapat segera diterapkan yaitu Short Message Service (SMS) atau Unstructured Supplementary Service Data (USSD) serta Optical Mark Recognition (OMR) atau Digital Mark Reader (DMR).

Namun Marzan menjelaskan bahwa teknologi SMS/USSD merupakan teknologi E-Rekapitulasi yang paling diunggulkan. "Penentuannya nanti tergantung pada indikator kinerja E-Rekapitulasi Pemilu 2014," kata Marzan.

Marzan menjelaskan bahwa teknologi E-Rekapitulasi menggunakan sistem SMS/USSD akan menjamin kecepatan penayangan hasil pemungutan suara.

Namun kelemahan sistem ini tidak dapat memberikan bukti otentik perolehan suara di TPS, sehingga pengiriman bukti tersebut harus disiapkan melalui aplikasi lain. "Itu juga sudah dipikirkan aplikasinya bisa pengiriman foto C1 melalui ponsel KPPS," kata Marzan.

Usulan tersebut sudah dikemas dalam satu buku dan telah dipresentasikan kepada KPU.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement