Senin 07 Oct 2013 22:33 WIB

Ahok: Jakarta Tak Akan Dilanda Banjir Parah Lagi

Banjir (ilustrasi)
Foto: rri.co.id
Banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku optimistis bencana banjir parah tidak akan melanda seluruh wilayah ibu kota dalam musim hujan kali ini.

"Di musim hujan kali ini, saya perkirakan Jakarta tidak akan dilanda banjir parah lagi. Tapi, mungkin yang masih kena (banjir) adalah wilayah Jakarta Utara," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (7/10).

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tengah melakukan perbaikan sekaligus pembelian pompa-pompa air untuk mengantisipasi banjir.

"Perbaikan dan pembelian pompa air sedang kita kebut. Diharapkan bulan Desember nanti pompa-pompa sudah kembali berfungsi normal dan sudah ada pompa yang baru. Dengan begitu, kita siap menyambut musim hujan tanpa rasa khawatir," ujar Ahok.

Selain itu, untuk memastikan kesiapan logistik di lapangan, dia menuturkan pihaknya akan lebih dulu memasok seluruh kebutuhan logistik di tempat-tempat pengungsian.

Sehingga, ketika banjir melanda, warga yang menjadi korban banjir tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan bantuan logistik.

"Kemudian, untuk memastikan kesiapan evakuasi di lapangan, kita akan melakukan simulasi langsung di sejumlah lokasi banjir, sehingga koordinasi dapat dilakukan dengan lebih baik," tutur Ahok.

Sementara itu, terkait rencana pengerukan waduk dan saluran air oleh Pemprov DKI, Ahok mengakui pekerjaan tersebut tidak dapat dilaksanakan seluruhnya pada tahun ini.

"Kita tidak bisa mengeruk semua waduk dan saluran air secara berbarengan pada tahun ini, karena ada keterlambatan dalam pembelian alat-alat berat untuk pengerukan. Kita harus tunggu sampai semua alat-alat itu tiba. Setelah itu, baru kita bisa lakukan pengerjaan pengerukan," ungkap Ahok.

Kendati demikian, Ahok tetap yakin banjir parah tidak akan lagi melanda wilayah ibu kota karena sejumlah langkah antisipasi lainnya tengah diupayakan oleh Pemprov DKI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement