Sabtu 28 Sep 2013 10:12 WIB

'Jangan Sembarang Beri Nomor PIN Bank'

Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine/ATM)
Foto: AP/Gene J. Puskar
Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine/ATM)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG-- Polisi menghimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan memberikan nomor PIN Bank kepada orang yang berpura - pura akan membantu ketika menemukan masalah dalam penarikan uang di ATM.

"Tidak ada bank yang meminta nomor PIN Bank. Sebab, itu bagian dari modus pelaku pencurian dengan modus penipuan," kata Kasatreskrim Polres Bandara Soekarno - Hatta, AKP Dhani Arianda di Tangerang, Sabtu (28/9).

Dhani mengatakan modus membantu dengan meminta nomor PIN Bank biasanya dilakukan komplotan pelaku dengan merekayasa nomor call center yang telah disiapkan. Oleh karena itu, masyarakat harus waspada dan tidak terpengaruh dengan bujuk rayu orang lain. Kecuali oleh petugas Bank dan menghubungi kepolisian.

Sementara itu, komplotan pelaku pencurian dengan modus penipuan yang kerap beraksi di loket ATM sekitar Bandara Soekarno - Hatta, berhasil ditangkap. Komplotan tersebut telah berhasil menipu penumpang sebanyak enam kali di terminal 1 Bandara Soekarno - Hatta.

Dari hasil interogasi petrugas kepada pelaku, terungkap aksi sudah sering dilakukan di Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Uang yang telah berhasil diperoleh pelaku dari berbagai model penipuan sudah mencapai ratusan juta. Setiap pelaku menarik uang dari rekening korban, bisa mencapai RP5 juta. "Pelaku langsung mengambil semua uang di dalam rekening korban setiap mendapatkan peluang," ujarnya.

Barang bukti yang diperoleh dari tangan pelaku yakni sticker call center palsu, gunting, gergaji besi, double tip, mobil dan ATM milik korban. Pelaku pun dijerat dengan Pasal 378 dan 362 dengan ancaman diatas lima tahun penjara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement