Selasa 24 Sep 2013 11:24 WIB

Ruhut: Ketua Komisi III Itu Penugasan

Ruhut Sitompul
Foto: Republika
Ruhut Sitompul

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan bahwa penunjukan dirinya sebagai ketua Komisi III DPR RI merupakan suatu penugasan dari Fraksi Partai Demokrat, dan tidak ditentukan berdasarkan pemilihan dari para anggota komisi.

"Ini berdasarkan kesepakatan dua orang atau lebih, yang disebut dengan konvensi. Jadi, penunjukan (ketua Komisi III) ini merupakan hasil konvensi," kata Ruhut saat ditemui sebelum rapat paripurna DPR di Gedung Nusantara II DPR di Jakarta, Selasa.

Dia meyakini penunjukan dirinya sebagai Ketua Komisi III DPR RI memang seharusnya berdasarkan jatah dan kesepakatan dari Fraksi Partai Demokrat.

"Saya hanya mengatakan, politik itu berhubungan dengan ketatanegaraan. Kami partai pemenang, tetapi Pak SBY mengatakan di dalam membangun bangsa kita harus melibatkan semua pihak, termasuk dari partai lain," ujarnya.

Oleh karena itu, berdasarkan kesepakatan konsensi, kata dia, Partai Demokrat memilih beberapa komisi untuk diketuai, yaitu Komisi III, Komisi VII, dan Komisi X.

Dengan demikian, Ruhut kembali menekankan bahwa jabatan Ketua Komisi III DPR itu bukanlah ditentukan berdasarkan pemilihan dari para anggota komisi, melainkan berdasarkan jatah fraksi, di mana anggota Fraksi Partai Demokrat yang telah ditunjuk berhak menduduki jabatan itu.

"Jadi, ini bukan pemilihan, tetapi ini adalah penugasan. Jatah kami (Demokrat) salah satunya adalah Komisi III. Pak SBY tahu tentang para kadernya, dan saya lah yang ditugaskan sebagai ketua Komisi III. Lalu mengapa fraksi lain harus ribut?" ucapnya.

Dia mengaku tidak terganggu dengan pendapat-pendapat beberapa anggota Komisi III yang meragukan kemampuannya untuk memimpin komisi itu. Ruhut pun meyakini bahwa ia dapat memimpin komisi itu dengan baik karena telah memiliki pengalaman yang cukup sebagai pemimpin organisasi.

"Saya ini menjadi ketua organisasi Pemuda Pancasila selama lebih dari 20 tahun. Mengapa masih ragu dengan kemampuan saya?" tuturnya.

Ruhut juga mengatakan semua pihak dapat memeriksa "track record" (rekam jejak,red) dirinya sebagai anggota DPR, karena ia yakin telah menjalankan tugasnya dengan baik.

"Saya selalu hadir dalam rapat-rapat paripurna dan rapat kerja komisi," tandasnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement